Saturday, October 7, 2023

Siapa itu Peter Parker atau Spider-Man (Earth-616)

 Asal Usul Peter  Parker





 Peter Benjamin Parker atau lebih akrab di panggil Peter Parker merupakan anak dari Richard Parker dan Mary Parker. Peter merupakan anak yatim piatu sejak ia kecil, karena itu dia tinggal bersama Pamannya, Ben Parker, dan Bibinya, May Parker. Peter adalah seorang kutu buku di sekolahnya yang suka sekali dengan hal yang berbau sains, dan oleh karena itu dia jadi sering dibully oleh teman-temannya. Suatu hari Peter mengunjungi sebuah pameran sains, ia digigit oleh Laba-laba Radioaktif dan karena itu dia mendapatkan kekuatannya, Peter awalnya menggunakan kekuatannya untuk mendapatkan uang seperti menjadi penghibur di sebuah pertunjukkan namun semua itu berubah saat Paman Ben mati karena tertembak oleh pencuri. Peter mengingat kata-kata yang sering di ucapkan oleh pamannya yaitu quotes yang tidak asing di telinga kita yaitu "With great power also come great responsibility" menjadi alasan Peter Parker menjadi Spider-Man dan melawan kejahatan di kota New York.                                                                                                                                                                        

Fakta unik
 Berikut ini adalah fakta" unik tentang Peter Parker atau Spider-Man.




1. Pernah ditolak oleh Marvel
 Karakter yang dibuat oleh Stan Lee ini pernah ditolak loh sama Marvel, saat Stan Lee mendapatkan inspirasi untuk membuat karakter Spider-Man ini, dia langsung mengajukan idenya ini ke editor Marvel saat itu, Martin Goodman, namun ide itu di tolak karena dia menganggap ide itu adalah ide terburuk. Pasalnya adalah karakter ini adalah seorang remaja, karena superhero remaja saat itu hanya menjadi seorang sidekick. Namun itu tidak memberhentikan Stan Lee, dia menyilipkan cerita karakter ini ke salah satu komik yaitu Amazing Fantasy #15, dan karena hal itu para fans menginginkan lagi cerita dari karakter ini sehingga Martin mengizinkan Stan Lee membuat komik Spider-Man ini yaitu The Amazing Spider-Man #1 di tahun 1963.




2. Nama awal Spider-Man
 Stan Lee mendapatkan ide ketika dia melihat lalat yang ada di rumahnya dan saat itu dia mulai berimajinasi untuk membuat karakter yang cikal bakal Spider-Man, dan awalnya dia mempunyai beberapa nama untuk karakter ini yaitu Stick-to-the-wall Man dan Fly Man sebelum dia memilih nama Spider-Man. Bayangkan saja kalau Stan Lee tetap memakai nama Fly Man :v.




3. Pernah mencoba berhenti Spider-Man
  Ini terjadi saat The Amazing Spider-Man #50-51, Peter memutuskan berhenti menjadi Spider-Man karena tidak mendapatkan respect dari orang" yang dia selamatkan, dia membuang kostumnya ke sebuah tong sampah sebelum seorang anak kecil mendapatkan kostum itu dan memberikannya ke J Jonah Jameson.




4. Terlibat hubungan dengan banyak wanita
 Walaupun dia adalah seorang kutu buku, dia sering berpacaran atau menjalin hubungan dengan banyak wanita di Marvel komik berkat Laba-laba radioaktif yang membuat hidupnya berubah drastis. Karakter wanita yang pernah menjalin hubungan dengan Peter Parker adalah Betty Brant, Gwen Stacy, Debra Whitman, Mary Jane, Cindy Moon atau Silk, Felicia Hardy atau Black Cat, bahkan Captain Marvel.   





                                                                            
5. Cinta sejatinya adalah Gwen Stacy
 Sebelum menikah dengan MJ, Peter berpacaran dengan Gwen ketika dia berkuliah dan Peter sangat tergila-gila dengannya namun hubungan mereka tidak berakhir dengan baik, seperti yang kita tahu Gwen Stacy terbunuh oleh Green Goblin pada The Amazing Spider-Man #121-122. Dan terlihat Peter sangat marah kepada Green Goblin (Norman Osborn) dan bertarung dengannya hingga Green Goblin mati tertusuk glider nya sendiri. Ketika Peter dan MJ menikah pun Peter masih saja mengenang Gwen Stacy.

6. Spider-Man terkuat
 Meskipun dari segi kekuatan kalah jauh dari beberapa Spider-Man lainnya seperti Cosmic Spider-Man, Spider-Man 2099 dan Miles Morales. Peter Parker versi inilah yang menjadi peringkat pertama Spider-Man karena bukan dari kekuatannya melainkan dari dedikasinya menjadi Spider-Man, dia selalu mempunyai rencana cadangan yang ia dapat dari anggota keluarganya atau kehilangan orang terkasihnya yang menginspirasinya untuk melewati batas fisiknya untuk menyelamatkan sesuatu.


Itulah beberapa informasi yang gw tahu dari Spider-Man atau Peter Parker Earth-616. Spider-Man ini merupakan salah satu versi yang gw suka dan hero favorit gw. Jadi sekian artikel kali ini dan ini merupakan blog pertama gw, ya jadi kalau ada salah tolong dikoreksi kolom komen and jangan lupa follow ;).

No comments:

Post a Comment

Siapa itu Peter Parker atau Spider-Man (Earth-616)

  Asal Usul Peter  Parker  Peter Benjamin Parker atau lebih akrab di panggil Peter Parker merupakan anak dari Richard Parker dan Mary Parke...